PROFIL MAHASISWA

1). Profil Akademik

Secara akademik, kemampuan mahasiswa sangat heterogen, hal ini terjadi karena Background (latar belakang) mahasiswa yang sangat beragam. Latar belakang pendidikan mahasiswa ini dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu, Lulusan MA baik negeri maupun swasta, Lulusan SMA, SMK, baik negeri maupun swasta, dan Lulusan pendidikan pesantren

2). Profil sosio-ekonomi

Dari data buku induk mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo dapat diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa program studi ini berasal dari kalangan menengah ke bawah, sedangkan asal mahasiswa adalah dari wilayah Jawa Timur khususnya Kabupaten Ponorogo, Madiun, Trenggalek, Ngawi, Magetan, dan Pacitan. Tetapi ada juga yang berasal dari karesidenan Kediri, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, dan lain-lain. Sisanya secara merata berasal dari Jawa Tengah, Sumatera, Lampung, dan lain-lain.

Oleh karena rata-rata mahasiswa berasal dari kalangan menengah ke bawah, maka untuk menunjang perkuliahan STAIN Ponorogo memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa yaitu: 1) Beasiswa supersemar, diperuntukkan bagi mahasiswa dengan nilai terbaik, 2) Beasiswa prestasi mahasiswa ber-IPK di atas 3,00, dan 3) Beasiswa miskin, yang diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu.

3). Profil sikap akademik dan sosial, serta kemandirian dan kreatifitas

Profil sikap akademik mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo didasarkan pada hasil tes potensi akademik, dengan judgment bahwa semakin tinggi hasil tes potensi akdemik, semakin tinggi pula sikap-sikap tersebut. Perlu dijelaskan bahwa heterogenitas profil mahasiswa tersebut diatasi dengan mewajibkan semua mahasiswa mengikuti matrikulasi. Sedangkan untuk profil sosial serta kemandirian dan kreatifitas mahasiswa cukup baik setelah mengikuti berbagai kegiatan ekstra kampus, seminar, pelatihan/workshop, dan kepanitiaan yang melibatkan mahasiswa.


%d blogger menyukai ini: